} my blog: Ngalau loguang dan pemandian Aia Angek

Sabtu, 04 Februari 2012

Ngalau loguang dan pemandian Aia Angek



Objek wisata bentukan alam ini cukup menarik dikunjungi Anda para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sijunjung. Goa ini memiliki keindahan pemandangan batu-batu stalagtit dan stalagnit di dalamnya. Objek wisata ini terletak di kawasan wisata Air Angek (air panas).
berlokasi di
Nagari Air Angek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat,
Jarak 110 KM dari Kota Padang
jarak 20 KM dari ibukabupaten Sijunjung
Atau sekitar 30 KM dari Lintas Sumatera Bagian Tengah

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata itu tidak terlalu sulit. Sebab, kedua objek wisata tersebut berada sekitar 13 kilometer dari pusat ibu kabupaten. Dari Muaro Sijunjung, pengunjung bisa menaiki kendaraan roda dua dan roda empat.
Sepanjang perjalanan me­nuju lokasi dipenuhi peman­dangan alam yang tak kalah elok  Jajaran bukit dan hutan yang masih asri, serta sawah yang terbentang luas me­nyambut kedatangan wisatawan.
Ngalau Loguang sendiri berada di bawah Bukit Batu. Sebelum masuk ke pintu nga­lau, anda akan melewati pos retrebusi dan hamparan lokasi parkir cukup luas. Di sini wisatawan bisa beristirahat sejenak sembari menikmati pemandangan alam sebelum masuk ke ngalau.
Di dekat lokasi ini juga tersedia toilet dan tempat pemandian atau anak sungai yang berasal dari dalam ngalau Jadi tak heran, hamparan parkir ngalau ini sering dija­dikan sebagai tempat berkemah. Bahkan, ibu-ibu PKK kabu­paten dan kelompok pencinta alam sering menjadikan lokasi ini sebagai tempat acara berma­lam, karena di lokasi ini juga tersedia pentas pertunjukan yang permanen.
Sebelum ke dalam ngalau, anda mendapat suguhan bera­neka ragam bentuk batu dan me­lewati batuan besar dan be­berapa anak tangga. Setelah me­lewati anak tangga, anda sudah berada di pintu masuk ngalau.
Ngalau yang konon kabar­nya memiliki panjang sekitar 7 kilometer itu, sudah dileng­kapi dengan sarana penerangan Hanya saja sarana listrik yang dipasang kedalam ngalau itu tidak berfungsi lagi karena karatan.Bagi yang belum per­nah masuk ngalau loguang, anda bisa meminta warga sekitar jadi pemandu dan menyediakan sarana pene­rangan.
Keindahan dalam ngalau cukup menarik, karena dida­lamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang beraneka ragam bentuknya. Sepanjang perja­lanan menelusuri ngalau perlu kehati-hatian.Apalagi dalam ngalau juga terdapat anak sungai yang berair jernih.
Dalam ngalau juga terdapat hamparan yang luas dan bisa dijadikan tempat beristirahat. Bila masih kuat anda bisa keluar pada pintu te­r­akhir.Namun bisa sudah capek bisa keluar pada pintu pertama, karena pintu keluar ngalau ini ada tiga.
Setelah puas  menelusuri ngalau, tak jauh dari lokasi ngalau terdapat pemadian air panas. Di sana ada dua tempat pemandian air panas. Jaraknya hanya 500 meter dari Ngalau Loguang.Di pemandian ini anda bisa berendam sembari menikmati keindahan alam yang sungguh menga­syikan.­Suhu air-nya berkisar  35 derejad celsius.
Objek wisata pemandian air panas ini, memang tidak sebagus objek wisata peman­dian air panas pada kota-kota besar di Indonesia, karena  belum dikelola secara optimal. Jika, dikelola secara optimal dan professional tentu bisa mendatangkan dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Sijunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar