} my blog: 4 jenis paus terbesar

Selasa, 07 Februari 2012

4 jenis paus terbesar

Paus Biru
mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik atau lebih. Binatang ini dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada.



Paus Bowhead
Paus Bowhead merupakan Paus terbesar kedua setelah Paus Biru (walau sebagian para ahli mengangggap Paus Sirip adalah yang terbesar ke-dua). Paus ini mempunyai tulang insang yang berjumlah 350 pasang dengan bulu berwarna perak tergantung dari rahang. Habitat paus ini hanya bisa ditemukan di wilayah Kutub Utara dan lautan Arktik karena adaptasi tubuh paus jenis ini memiliki perlindungan kulit dari lemak yang tebal hingga mencapai 30 cm tebalnya di bagian bawah kulit.



Paus Sikat
Termasuk Paus yang mempunyai tulang insang seperti Paus Bowhead dan Paus Abu. Bentuk pisiknya hampir menyerupai Paus Bowhead. Warna kulit nya hitam kecuali di perutnya ada warna putih. Tubuhnya banyak ditempeli oleh cyamids sejenis kutu Paus. Paus ini tidak memiliki dorsal (sirip punggung).



Paus Sirip



Ciri-ciri fisik Paus jenis ini bentuknya panjang dan ramping (mirip paus biru) dengan warna kulit abu2 kecoklatan. Ada dua subspecies yaitu Paus Sirip Utara yang habitatnya di Atlantik Utara dan yg lebih besar Paus sirip Antartika di Samudera daerah Selatan. Makanan Paus ini adalah ikan kecil, krill, cumi2 dan plankton lainnya. Dalam sehari bisa makan sampai 2000 kg makanan tersebut. Belakangan diperkirakan sekitar 3000 ekor yang tersisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar